Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X MAN 1 Padang.

Nurul, Hidayah (2016) Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X MAN 1 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11030311 NURUL HIDAYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Pengaruh Pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi kelas X MAN 1 Padang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran terhadap hasil belajar geografi kelas X MAN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kolerasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Padang yang mengikuti mata pelajaran Geografi tahun ajaran 2015/2016, yaitu sebanyak 276 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 orang siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel yaitu dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket. Analisis data yang digunakan dengan dua cara yaitu: (1) analisis deskriptif, dan (2) analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) variabel pemanfaatan fasilitas belajar (X1) sebesar 3,368 dengan signifikansi 0,001 sehingga dapat dikatakan signifikan < 0,05 (0,001 < 0,05) maka Ho ditolak, Ha diterima. Nilai t untuk variabel motivasi belajar (X2) sebesar 4,776 dengan signifikansi 0,000 sehingga dapat dikatakan signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak, Ha diterima, analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 21,395 + 0,180X1 + 0,296X2 Uji F yang diperoleh. Fhitung (13,532) > dari Ftabel (3,127) dan sig (0,000) < dari alpha (0,05) artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:33
Last Modified: 16 Nov 2018 02:33
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item