Pengaruh Minat Belajar, Efikasi Diri dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyontek Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X1 di SMA N 6 Padang.

Devi, Angraini (2017) Pengaruh Minat Belajar, Efikasi Diri dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyontek Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X1 di SMA N 6 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12090287 DEVI ANGRAINI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (194kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (327kB)

Abstract

Perilaku menyontek merupakan perilaku yang bersifat negatif, perbuatan curang dan tidak jujur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh tingkat minat belajar secara parsial terhadap perilaku menyontek. 2) pengaruh efikasi diri dengan perilaku menyontek. 3) pengaruh konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek. pengaruh minat belajar,efikasi diri dan konformitas teman sebaya secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku menyontek kelas X1 IPS SMA N 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 IPS SMA N 6 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 128 orang dengan sampel sebanyak 97 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan induktif dengan menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara minat belajar terhadap perilaku menyontek pada mata pelajaran ekonomi kelas X1 IPS di SMA N 6 Padang, dimana nilai koefisien sebesar 0,544 dengan nilai thitung5,843 > ttabel sebesar 1,985. Artinya jika minat belajar meningkat sebesar satu satuan maka perilaku menyontek akan menurun sebesar 0,544 satuan. (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara efikasi diri terhadap perilaku menyontek pada mata pelajaran ekonomi kelas X1 IPS di SMA N 6 Padang, dimana nilai koefisien 0,253 dengan nilai thitung sebesar 2,519 > ttabel 1,985. Artinya jika efikasi diri meningkat sebesar satu satuan maka perilaku menyontek akan menurun sebesar 0,253 satuan. (3) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek pada mata pelajaran ekonomi kelas X1 IPS di SMA N 6 Padang, dimana nilai koefisien 0,251 dengan thitung sebesar 3,569 > ttabel 1,985. Artinya jika konformitas teman sebaya meningkat sebesar satu satuan maka perilaku menyontek akan menurun sebesar 0,251 satuan. (4) terdapat pengaruh signifikan antara minat belajar, efikasi diri dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek kelas X1 IPS SMA N 6 Padang, dimana nilai Fhitung 99,052 > Ftabel 2,70. Artinya terdapat pengaruh signifikan antara minat belajar, efikasi diri dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek pada mata pelajaran ekonomi kelas X1 IPS di SMA N 6 Padang. Berdasarkan pengujian koefisien diperoleh nilai hasil R square sebesar 0,762 yang artinya 76,2% perubahan pada variabel dependen (perilaku menyontek) dapat dijelaskan oleh variabel independen (minat belajar, efikasi diri dan konformitas teman sebaya) sedangkan sisanya sebesar 23,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk kedalam penelitian ini. Disarankan kepada siswa agar lebih meningkatkan minat belajar dan menyakinkan atas kemampuan diri sendiri dalam belajar. siswa lebih meningkatkan ketaatan dalam belajar dan menjauhi sikap kecurangan dalam proses belajar terutama menyontek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 08 Nov 2018 01:15
Last Modified: 08 Nov 2018 01:15
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2710

Actions (login required)

View Item View Item