Pengaruh Fasilitas belajar, Pemberian Hukuman dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat.

Meli, Meli (2017) Pengaruh Fasilitas belajar, Pemberian Hukuman dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12090245 MELI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (382kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (308kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa, 2) Pengaruh pemberian hukuman terhadap motivasi belajar siswa, 3) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa, 4) Pengaruh fasilitas belajar, pemberian hukuman, dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al-istiqamah yang berjumlah sebanyak 230 orang dengan sampel 98 siswa diambil secara stratified random sampling (Sampel Berstrata). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif (uji likelihood, uji ramsey, uji multikolinearitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,379. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 6,533 > ttabel sebesar 1,9852. 2. Pemberian hukuman berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai koefisie regresi sebesar 0,151. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,119 > ttabel sebesar 1,9852. 3. Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,034. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,286 > ttabel sebesar 1,9852. 4. Fasilitas belajar, pemberian hukuman dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Al-istiqomah. Dimana diperoleh nilai Fhitung 90,339 > Ftabel 2,70 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian disarankan dilihat dari motivasi belajar siswa seharusnya lebih tekun dalam menghadapi tugas misalnya: apabila guru memberikan tugas kepada siswa diharapkan siswa bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas tersebut dan tidak pernah berhenti sebelum tugas itu selesai, dilihat dari fasilitas belajar sebaiknya pihak sekolah harus melengkapi sarana belajar siswa seperti media pembelajaran, alat-alat pengajaran dan perlengkapan sekolah, dilihat dari Pemberian hukuman seharusnya guru memberikan hukuman badan kepada siswa yang suka meribut pada saat proses pembelajaran berlangsung seperti memukul, menubit dan sebaginya, dan dilihat dari tingkat pendidikan orang tua sebaiknya orang tua yang tingkat pendidikannya tidak mencapai pada tingkat pendidikan yang tinggi harus bisa membentuk kepribadian anak dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 07 Nov 2018 09:52
Last Modified: 07 Nov 2018 09:52
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item View Item