Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran, Lingkungan Keluarga, dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Yesi Zania, Putri (2017) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran, Lingkungan Keluarga, dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP N 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12090153 YESI ZANIA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar , 2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh pendapatan orang tua terhadap motivasi belajar, 4) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran, lingkungan keluarga, dan pendapatan orang tua secara bersama- sama terhadap motivasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Teknik pengambilan sampelnya yaitu propotional random sampling dengan sampel dalam penelitian sebanyak 141 orang dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,159. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,36 > ttabel sebesar 1,66. Kedua lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,119. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,75 > ttabel 1,66. Ketiga pendapatan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,156. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 18,34 > ttabel sebesar 1,66. Keempat pemanfaatan media pembelajaran, lingkungan keluarga dan pendapatan orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung 118,35 > Ftabel 2,67. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun saran yang bisa diberikan antara lain adalah siswa harus mengulang kembali pelajaran dirumah dan siswa harus menyelesaikan tugas tepat waktu, Selain itu Guru juga harus bisa menggunakan media dengan baik agar siswa bisa mengetahui hal- hal baru yang sesuai dengan materi pelajaran dan keluarga hendaknya juga harus bisa membantu siswa dalam menyelesaikan masalah belajar, menjalin hubungan yang harmonis dengan sesama anggota keluarga serta kepada orang tua diusahakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah siswa agar siswa termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 07 Nov 2018 09:33
Last Modified: 07 Nov 2018 09:33
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2702

Actions (login required)

View Item View Item