Pengaruh Disiplin Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Ketersedianaan Sarana Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA N 15 Padang.

Yessie Ryantika, Putri (2017) Pengaruh Disiplin Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Ketersedianaan Sarana Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA N 15 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12090068 YESSIE RYANTIKA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (279kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X Di SMA N 15 Padang, 2) pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Di SMA N 15 Padang, 3) pengaruh ketersedianaan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Di SMA N 15 Padang, 4) pengaruh disiplin belajar, tingkat pendidikan orang tua dan ketersedianaan sarana belajar di sekolah secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X Di SMA N 15 Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 15 Padang yang berjumlah 144 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 106 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,271 dengan nilai thitung 3,771 > ttabel 1,98. Kedua tingkat pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai koefisien se esar 0,659 dengan nilai thitung 3,097 > ttabel 1,98. Ketiga ketersedianaan sarana belajar di sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 1,201 dengan nilai thitung 13,626 > ttabel 1,98. Keempat disiplin belajar, tingkat pendidikan orang tua, dan ketersedianaan sarana belajar di sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukan oleh nilai Fhitung 101,089 > Ftabel 2,69 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada siswa kelas X SMA N 15 Padang untuk lebih meningkatkan disiplin belajar, tingkat pendidikan orang tua dan ketersedianaan sarana belajar disekolah agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 07 Nov 2018 09:26
Last Modified: 07 Nov 2018 09:26
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2701

Actions (login required)

View Item View Item