Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Kebiasaan Belajar, Komunikasi Interpersonal Dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Yumitra, Yumitra (2017) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Kebiasaan Belajar, Komunikasi Interpersonal Dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
SKRIPSI YUMITRA (12090204).pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (273kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, 2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, 3) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, 4) pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, 5) pengaruh tingkat pendidikan orang tua, kebiasaan belajar, komunikasi interpersonal dan fasilitas belajar di sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP N 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Lengayang pada tahun ajaran 2016 yang berjumlah sebanyak156 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Stratified Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif dengan analisis regresi linear berganda, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dari keseluruh sampel tingakat pendapatan yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yaitu sampel pendapatan tinggi dengan koefisien sebesar 0,260. Nilai ini signifikan karena thitung 7,896 >t tabel1,99. Kedua kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dari keseluruh sampel tingakat pendapatan yang paling berpengaruh terhadap motivasi yaitu sampel pendapatan tinggi dengan koefisien sebesar 1,098. Nilai ini signifikan karena thitung 26,879 > ttabel 1,99. Ketiga komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dari keseluruh sampel tingakat pendapatan, yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yaitu sampel pendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,397. Nilaiini tidak signifikan karena thitung 0,856 < ttable 1,99. Keempat fasilitas belajar di sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivai belajar siswa. Dari keseluruh tingakat pendapatan yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yaitu sampel pendapatan sedang dengan koefisien sebesar 0,338. Nilaiinisignifikankarena thitung 3,295 >ttabel1,99. Kelima tingkat pendidikan orang tua, kebiasaan belajar belajar, komunikasi interpersonal dan fasilitas belajr di sekolah bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukan oleh nilai Fhitung72,978 > Ftabel 2,73 dengantaraf signifikan sebesar 0,000 < = 0,05. Hal iniberarti Haditerimadan H0ditolak.Saran 1.Bagi Sekolah, agar lebih memperhatikan motivasi siswa dalam belajar karena tingkat pendidikan orang tua sangat berpengaru dalam motivasi belajar siswa, begitu juga kebiasaan belajar, komunikasi interpersonal dan fasilitas belajar di sekolah, 2. Bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan rujukan dalam melakukan penelitian yang sejenis yang lebih mendalam di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 07 Nov 2018 09:14
Last Modified: 07 Nov 2018 09:14
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2699

Actions (login required)

View Item View Item