Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Reward Prestasi, Fasilitas Belajar Disekolah, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP N 2 Panti Kabupaten Pasaman

Lismayarni, Lismayarni (2017) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru, Tingkat Pendidikan Orang Tua, Reward Prestasi, Fasilitas Belajar Disekolah, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP N 2 Panti Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12090196 - LISMAYARNI (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (294kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (310kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru, tingkat pendidikan orang tua, reward prestasi, fasilitas belajar disekolah dan minat belajar siswa Secara Parsial Dan Simultan Terhadap motivasi belajar siwa mata pelajaran IPS kelas VII SMP N Panti . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Pasaman yang terdaftar tahu ajaran 2015/2016 sebanyak 133 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling atau sampel berstrata berdasarkan tingkat pendapatan orang tua rendah, sedang dan tinggi yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 73 orang Siswa. Teknik analisis data yang igunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang gaya mengajar guru (X1) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah, sedang dan tinggi yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan sedang dengan koefisien sebesar 0,361. Nilai ini signifikan karena thitung 2,895 > ttabel 1,99601..KeduaTerdapat pengaruh antara tingkat pendidikan orang tua (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah, sedang dan tinggi yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan sedang dengan koefisien sebesar 0,430. Nilai ini signifikan karena thitung 2,414 > ttabel 1,99601.Ketiga Terdapat pengaruh antara reward prestasi (X3) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah, sedang dan tinggi yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan sedang dengan koefisien sebesar 22,06. Nilai ini signifikan karena thitung 1,859 < ttabel 1,99601.Keempat Terdapat pengaruh antara fasilitas belajar disekolah (X4) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah, sedang dan tinggi yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan sedang dengan koefisien sebesar0,751 . Nilai ini signifikan karena thitung 2,589 > ttabel 1,99601.. Kelima Terdapat pengaruh antara minat belajar siswa (X5) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah, sedang dan tinggi yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar1,318. Nilai ini signifikan karena thitung 2,198 > ttabel 1,99601.Keenam Persepsi siswa tentang gaya mengajar guru, tingkat pendidikan orang tua, reward prestasi, fasilitas belajar disekolah dan minat belajar siswa secara bersama berpengaruh positig dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dimana diperoleh Fhitung 53,97 tabel 2,35 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan H erima dan H ditolak. Saran 1. bagi sekolah agar lebih memperhatikan motivasi siswa dala elajar karena ya mengajar guru sangat berpengaruhdalam motivasi siswa, begitu juga tingkat pendidikan orang tua, reward prestasi, fasilitas belajar disekolah dan minat belajar siswa. 2. Bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan rujukan dalam melakukan penelitian yang sejenis yang lebih mendalam dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 07 Nov 2018 08:00
Last Modified: 07 Nov 2018 08:00
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item