Pengaruh Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS Di SMAN 1 Lembah Melintang.

Rivo Kinanda, Lubis (2017) Pengaruh Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS Di SMAN 1 Lembah Melintang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12090181 - RIVO KINANDA LUBIS (Skripsi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (271kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (194kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) pengaruh efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMAN 1 Lembah Melintang. 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMAN 1 Lembah Melintang. 3) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMAN 1 Lembah Melintang. 4) pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMAN 1 Lembah Melintang. 5) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMAN 1 Lembah Melintang. 6) pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMAN 1 Lembah Melintang. 7) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMAN 1 Lembah Melintang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIIS di SMAN 1 Lembah Melintang yang berjumlah sebanyak 242 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 149 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Lembah Melintang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,261 dan thitung 4,857 > ttabel 1,98. Kedua kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Lembah Melintang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,356 dan thitung 3,491 > ttabel 1,98. Ketiga fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Lembah Melintang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,349 dan thitung 3,741 > ttabel 1,98. Keempat efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Lembah Melintang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,160 dan thitung 2,936 > ttabel 1,98. Kelima kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Lembah Melintang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,216 dan thitung 2,157 > ttabel 1,98. Keenam Fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Lembah Melintang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,190 dan thitung 2,065 > ttabel 1,98. Ketujuh Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Lembah Melintang, dimana diperoleh nilai koefisien jalur 0,408 dan thitung 5,222 > ttabel 1,98.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 07 Nov 2018 07:45
Last Modified: 07 Nov 2018 07:51
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2694

Actions (login required)

View Item View Item