Pengaruh Teman Sebaya, Konsep Diri, Iklim Kelas Dan Partisipasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA N 3 Lubuk Basung.

Yuri, Dasmeri (2017) Pengaruh Teman Sebaya, Konsep Diri, Iklim Kelas Dan Partisipasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA N 3 Lubuk Basung. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12090125 - YURI DASMERI (Skripsi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (265kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar kelas X di SMA Negeri 3 Lubuk Basung, 2) pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar kelas X di SMA Negeri 3 Lubuk Basung, 3) pengaruh iklim kelas terhadap hasil belajar kelas X di SMA Negeri 3 Lubuk Basung, 4) pengaruh partisipasi terhadap hasil belajar kelas X di SMA Negeri 3 Lubuk Basung, 5) pengaruh teman sebaya, konsep diri, iklim kelas dan partisipasi secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar kelas X di SMA Negeri 3 Lubuk Basung. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 3 Lubuk Basung, yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 70 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,322. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3,189 > ttabel sebesar 1,66864. Artinya apabila teman sebaya meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,322 dalam setiap satuannya. Kedua konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,406. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,791 > ttabel 1,66864. Artinya, apabila konsep diri meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,406 dalam setiap satuannya. Ketiga iklim kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,554. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,778 > ttabel sebesar 1,66864. Artinya, apabila iklim kelas meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,554 dalam setiap satuannya. Keempat partisipasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,207. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung, 2,177 > ttabel sebesar 1,66864. Artinya, apabila partisipasi meningkat sebesar 1%, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,207 dalam setiap satuannya. Kelima teman sebaya, konsep diri, iklim kelas dan partisipasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 19,705 > Ftabel 2,74 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < a = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Disarankan kepada siswa untuk dapat meningkatkan hasil belajar dengan cara giat belajar, aktif dan berkontribusi dalam belajar, dapat mempertahankan pendapat dan mengutarakan apa yang diyakini benar, serta diharapkan siswa dapat berinteraksi dengan baik antar siswa bahkan guru untuk menunjang hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 07 Nov 2018 07:32
Last Modified: 07 Nov 2018 07:32
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item