Pengaruh Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan.

Mega, Ernita (2017) Pengaruh Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12090112 - MEGA ERNITA (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (16kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (261kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti; 2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti; 3) Pengaruh Fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti; 4) Pengaruh lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti jumlah 108 orang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah sampel 83 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Variabel lingkungan sekolah diperoleh nilai koefisien sebesar 0,499. Angka ini signifikan karena nilai thitung sebesar 9,506 > ttabel (1,99045) berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti; Kedua Variabel lingkungan keluarga diperoleh nilai koefisien sebesar 0,385. Angka ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,507 > ttabel (1,99045) berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti; Ketiga Variabel fasilitas belajar diperoleh nilai koefisien sebesar 0,250. Angka ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,682 > ttabel (1,99045) berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS FTerpadu di kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti; Keempat pengaruh lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar di sekolah memiliki nilai sebesar 70,245 > F tabel (2,72). Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMPN 2 Linggo Sari Baganti. Sedangkan berdasarkan pengujian koefisien diperoleh nilai R square sebesar 0,727, artinya sebesar 72,70% perubahan pada variabel dependen (motivasi belajar) dapat dijelaskan oleh variabel independen (lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar di sekolah) sedangkan sisanya sebesar 27,30% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini. Disarankan kepada guru agar selalu menggunakan metode yang berbeda-beda saat menyampaikan materi pelajaran agar siswa tidak merasa bosan saat mengikuti pelajaran. Diharapkan agar melengkapi buku-buku pelajaran diperpustakaan sekolah agar siswa mudah untuk mencari bahan-bahan pelajaran yang dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Devi
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:37
Last Modified: 07 Nov 2018 03:37
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item