Persepsi Peserta Didik tentang Kelengkapan dan Fungsi Perpustakaaan Sekolah dalam Menunjang Pembelajaran (Studi di Kelas VII dan VIII SMP N 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan).

Kiki Riski, Ananda (2017) Persepsi Peserta Didik tentang Kelengkapan dan Fungsi Perpustakaaan Sekolah dalam Menunjang Pembelajaran (Studi di Kelas VII dan VIII SMP N 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan). Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11060322 - Kiki Riski Amanda (Skripsi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti berdasarkan pada fenomena yang peneliti temukan di lapangan yaitu masih kurangnya peserta didik memanfaatkan perpustakaan sekolah dalam proses pembelajaran. Berdasarkan fenomena itulah maka peneliti mengangkat permasalahan tentang persepsi peserta didik tentang kelengkapan dan fungsi perpustakaan sekolah dalam menunjang pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Persepsi peserta didik tentang kelengkapan bahan-bahan perpustakaan sekolah, 2) Persepsi peserta didik tentang fungsi perpustakaan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 239 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Jumlah sampel pada penelitian 70 orang responden. Instrumen yang digunakan angket. Analisa data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan secara umum persepsi peserta didik tentang kelengkapan dan fungsi perpustakaan sekolah dalam menunjang pembelajaran berada pada kategori baik. Dilihat dari masing-masing variabel: 1) Persepsi peserta didik tentang kelengkapan perpustakaan sekolah berada pada kategori baik, 2) Persepsi peserta didik tentang fungsi perpustakaan sekolah berada pada kategori baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada Guru BK untuk dapat menciptakan kondisi yang kondusif untuk mengunjungi perpustakaan sekolah dalam menunjang pembelajaran agar peserta didik dapat mentaati tata tertib yang ada di lingkungan perpustakaan sekolah SMP N 2 Ranah Pesisir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 05 Nov 2018 04:10
Last Modified: 05 Nov 2018 04:10
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item View Item