Makna Pacaran Bagi Siswa SMA (Study Sosiologi Anak Dan Remaja Tentang Siswa SMAN 2 Jambi Yang Pacaran Pada Jam Belajar Di Taman Rimba-Kecamatan Jambi Selatan- Kota Jambi)

Randy, Tio Velda (2017) Makna Pacaran Bagi Siswa SMA (Study Sosiologi Anak Dan Remaja Tentang Siswa SMAN 2 Jambi Yang Pacaran Pada Jam Belajar Di Taman Rimba-Kecamatan Jambi Selatan- Kota Jambi). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
11070255 RANDY TIO VELDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh tindakan remaja remaja SMAN 2 Kota Jambi yang berpacaran pada saat jam belajar di taman rimba Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengetahuan siswa tentang pacaran, makna pacaran secara horizontal dan symbol yang di pakai. Serta makna pacaran secara vertikal beserta simbol yang di pakai oleh siswa SMA 2 Kota Jambi yang berpacaran di Taman Rimba Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Tindakan Sosial di kemukakan oleh Max Weber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 19 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (nonparticipant), wawancara mendalam dan studi dokumen. Unit analisis adalah individu. Analisis data menggunakan model interaktif yang di kemukakan oleh Milles dan Huberman. Hasil dari penelitian makna pacaran bagi siswa SMA 2 Jambi ini menunjukkan: 1. Sumber Pengetahuan siswa tentang pacaran A) Pengetahuan secara internal yaitu: 1) Keinginan diri sendiri. 2) tuntutan biologis. 3) keinginan pergi berdua. 4) melepas masa jomblo. 5) sebagai motivasi diri. B) pengetahuan siswa secara eksternal yaitu: 1) pergi bolos pada jam sekolah untuk pacaran. 2) mendapatkan perhatian dari lawan jenis. 3) terpengaruh peer group sudah memiliki pacar. 4) Mengikuti perkembangan zaman. 5) mendapatkan ketenaran dari pasangan. Makna pacaran secara dimensi horizontal yaitu: 1). Kesabaran simbolnya: diam, bersifat tenang dan kalem. 2) tindakan penghargaan, simbolnya: pujian. 3) tindakan tanggung jawab, simbolnya: kesetiaan dengan pasangan. 4) cocok dalam menjalin hubungan, simbolnya: rasa nyaman dalam berkomunikasi. 5) memberikan panggilan sayang, simbolnya kerinduan dengan pasangan. 6) komitment, simbolnya: memegang teguh janji yang diberikan pasangannya. 7) gengsi, simbolnya: mementingakan penampilan di depan teman sebaya agar terlihat lebih dan adanya prestise yang diberikan teman sebaya. Makna pacaran secara dimensi vertikal: 1) terlihat seperti berteman, simbolnya: pacaran bersifat privasi. 2) tidak mojok, simbolnya: tanda keseriusan dengan pasangan. 3) tidak keluar rumah, simbolnya: memakai media sosial seperti fb dan video call. 4) alamiah, simbolnya: dari ketulusan hati dalam menjalin hubungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 01 Nov 2018 07:10
Last Modified: 01 Nov 2018 07:10
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item View Item