Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang

Yuliana, Yuliana (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang. Masters thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
11010012 YULIANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang pada materi Sistem Pernapasan Pada Manusia yang masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Salah satu penyebabnya yaitu rendahnya minat belajar siswa, dimana siswa lebih banyak menerima dan mencatat pelajaran dari guru, kurang berani bertanya dan cendrung pasif. Salah satu cara yang diterapkan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes akhir untuk ranah kognitif, dan lembaran observasi siswa untuk ranah afektif dan meringkas materi untuk ranah psikomotor. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Berdasarkan skor tes hasil belajar biologi siswa, diperoleh nilai rata- rata pada ranah kognitif kelas eksperimen adalah 58,24, dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 51,84. Hasil analisis data dengan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,22<1,67 artinya pada penelitian ini H1ditolak. Berdasarkan lembar pengamatan pada ranah afektif diperoleh rata-rata thitung 1,25 < ttabel 1,67, Hasil analisis data dengan uji hipotesis menggunakan uji-t hitung < ttabel artinya pada ranah afektif H1 ditolak dan hasil belajar pada ranah psikomotor dengan rata-rata kelas eksperimen 54,67 dan kelas kontrol 43,54 Hasil analisis data dengan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung 1,43 < ttabel 1,72 artinya pada ranah psikomotor H1 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tipe think pair share (TPS) tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada siswa kelas VIII SMP Pertiwi 1 Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 30 Jun 2018 01:29
Last Modified: 30 Jun 2018 02:09
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item