Kemampuan Menulis Pantun dengan Menggunakan Metode Latihan Siswa Kelas VII SMP 16 Negeri Padang

Rini, Yusranova Rukmana (2018) Kemampuan Menulis Pantun dengan Menggunakan Metode Latihan Siswa Kelas VII SMP 16 Negeri Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
10080136 SUPRIYANI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pengetahuan siswa dalam menulis pantun. Hal tersebut terbukti pada saat siswa ditugaskan menuliskan ide menjadi pantun mereka tidak menemukan bahasa atau kata yang tepat. Siswa beranggapan bahwa belajar menulis pantun merupakan pelajaran yang membosankan. Siswa kurang mampu dalam merangkai kata demi kata dalam menulis pantun, kurang kreatif dalam mengembangkan ide-ide saat menulis pantun dan kurang memperhatikan syarat-syarat yang harus ada dalam pantun serta belum terbiasa mengenal pantun dalam keseharian mereka. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 16 Padang yang terdaftar pada tahun 2016-2017 dengan jumlah siswa 284 orang. Sampel penelitian 32 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik (propotional random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan pantun yang ditulis siswa. Analisis data dilakukan dengan menyusun hasil kerja siswa dan memberikan kode berupa nomor pada setiap lembar, membaca pantun yang ditulis siswa dan mengoreksi dan pemberian skor terhadap hasil menulis pantun siswa sesuai dengan indikator penilaian. Berdasarkan analisis data pembahasan diperoleh hasil kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP 16 Negeri Padang. Berdasarkan ketiga indikator didapatkan kemampuan siswa dalam menulis jumlah suku kata baik sekali (Bs) dengan rata-rata penguasaan 92,71%. Kemampuan siswa dalam persajakan tergolong baik sekali (Bs) dengan rata-rata penguasaan 94,79%. Kemampuan siswa dalam menghadirkan keharmonisan antara sampiran dan isi pantun pantun tergolong lebih dari cukup (Lc), dengan rata-rata penguasaan 71,87%. Jadi, dapat disimpulkan bahawa secara keseluruhan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan metode latihan siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang tergolong baik sekali (Bs) dengan rata-rata penguasaan 86,46%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 09 Jul 2018 05:46
Last Modified: 09 Jul 2018 05:46
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item