Pengaruh Metode Konstruktivisme Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan.

Miamiwati, Miamiwati (2017) Pengaruh Metode Konstruktivisme Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080211 MIAMIWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis. Masalah yang ditemui adalah pertama, siswa belum terampil dalam menulis cerpen karena siswa kesulitan membedakan unsur intrinsik seperti alur dan latar. Kedua, siswa kurang mampu menuangkan ide-ide dalam menulis cerpen. Keempat, sumber belajar siswa hanya buku paket dan dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut ini. Pertama,mendeskripaikan keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan metode konstruktivisme siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan metode konstruktivisme siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh metode konstruktivisme terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 seabanyak 300 orang dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan yaitu kelas X5 dan kelas X6 yang berjumlah 60 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah metode konstruktivisme sebagai variabel bebas dan menulis cerpen sebangai variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan tanpa dan dengan menggunakan metode konstruktivisme. hasil pembahasan penelitian ini adalah pertama, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan metode konstruktivisme memperoleh nilai rata-rata 69,26 pada rentanngan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC). Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan metode konstruktivisme memperoleh nilai rata-rata 83,70 pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan metode konstruktivisme terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA N 1 Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan Karena t hitung > t tabel yaitu 5,35>1,70 maka H1 diterima H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Oct 2018 10:06
Last Modified: 19 Oct 2018 10:06
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2291

Actions (login required)

View Item View Item