Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Selatan .

Nisa, Yultauli (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Selatan . Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080213 NISA YULTAULI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (298kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif masih rendah. Masalah yang ditemui adalah pertama, siswa masih belum mampu dalam menuliskan pemikiran kedalam sebuah teks. Kedua, siswa merasa kesulitan dalam menggambarkan sebuah objek. Ketiga, siswa tidak menyulai kegiatan meluis. Keempat, guru masi menggunakan keterampilan yang kurang mendukung keterampilan siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan sebelum menggunakan model pembelajaran concept sentence. (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan sesudah menggunakan model pembelajaran concept sentence. (3) mendeskripsikan pengaruh model pemebelajaran concept sentcne terhadap kemempuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan. Pre Experimental. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas prettes dan kelas posttes. Populasi dalam penelitian ini 206 orang dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Sehingga didapatkan sampel dalam penelitian ini adalah pada kelas VII.6 dengan banyak siswa 28 orang siswa. Hasil penelitian ini adalah (a) kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan sebelum menggunakaan model pembelajaran concepts Sentence secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi cukup dengan rata-rata hitung sebesar 60,70. (b) kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan sesudah menggunakan model pembelajaran Concept Sentence secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi dari cukup dengan rata-rata hitung sebesar 71,81. (c) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dalam kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII MTsN 2 Pesisir Selatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai thitung (2,62) > ttabel (1,70), sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Oct 2018 10:01
Last Modified: 19 Oct 2018 10:01
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item