Nilai Pendidikan Karakter Pada Tuturan Ekspresif Guru Bahasa Indonesia di SMAN 7 Sijunjung.

Hardika, Wijaya (2017) Nilai Pendidikan Karakter Pada Tuturan Ekspresif Guru Bahasa Indonesia di SMAN 7 Sijunjung. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080259 Hardika Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB)

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini. Pertama, masih banyak siswa yang tidak membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran. Kedua, siswa tidak menghargai pendapat temannya dalam pembelajaran dan hanya mentertawakannya. Ketiga, masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) bentuk tuturan ekspresif guru bahasa Indonesia di SMAN 7 Sijunjung, (2) nilai pendidikan karakter yang terkandung pada tuturan ekspresif guru bahasa Indonesia di SMAN 7 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan ekspresif yang berisi nilai pendidikan karakter guru bahasa Indonesia di SMAN 7 Sijunjung dalam proses pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di SMAN 7 Sijunjung yang berjumlah tiga orang. Data dikumpulkan dengan teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Data dianalisis dengan mentranskripsikan, menginventarisasikan, mengklasifikasikan data berdasarkan bentuk tuturan ekspresif dan nilai pendidikan karakter yang terkandung pada tuturan ekspresif dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Pertama, bentuk tuturan ekspresif yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia di SMAN 7 Sijunjung dalam proses pembelajaran yaitu, tuturan ekspresif yang paling banyak digunakan guru adalah tuturan mengecam, karena bertujuan mengingatkan siswa agar melakukan sesuatu yang baik dalam proses pembelajaran dan tuturan ekspresif yang paling sedikit digunakan adalah tuturan memberi maaf, karena bertujuan untuk merubah tingkah laku yang buruk menjadi baik dalam pembelajaran. Kedua, nilai pendidikan karakter yang terkandung pada tuturan ekspresif guru bahasa Indonesia di SMAN 7 Sijunjung dalam proses pembelajaran yaitu, nilai pendidikan karakter yang paling banyak ditemukan adalah nilai pendidikan karakter disiplin, karena dalam proses pembelajaran siswa banyak yang tidak serius dalam belajar dan nilai pendidikan karakter yang paling sedikit ditemukan adalah nilai pendidikan karakter toleransi dan nilai pendidikan karakter kerja keras, karena seorang guru memberikan keringan kepada siswa dan juga dalam pembelajaran guru menuntut siswa mempunyai semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:20
Last Modified: 19 Oct 2018 09:20
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item