“Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berbasis Teknik Critical Insident Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang”

Rizka Amalia, Fitrah (2017) “Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berbasis Teknik Critical Insident Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang”. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080260 RIZKA AMALIA FITRAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (251kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang kemampuan menulis teks eksposisi siswa yang masih berada pada kisaran Kriteria Ketuntasan Minimal dan belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Guru yang mengajar bahasa Indonesia belum pernah membuat modul pembelajaran sendiri sehingga guru masih menggunakan draf dan buku siswa bahasa Indonesia yang disedikan oleh pihak sekolah. Sehingga siswa tidak tertarik dengan draf yang ada karena terlalu kaku dan materi yang sangat minim. Siswa masih kesulitan dalam mencari sumber untuk menulis teks eksposisi dan bentuk tulisan teks eksposisi. Selain itu, belum tersedianya modul pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis teknik citical incident di SMP Negeri 8 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis teknik critical incident untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Subjek penelitian ini ialah siswa di kelas VIII.F SMP Negeri 8 Padang. Pemilihan subjek penelitian berlandaskan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah4-D. Pengembangan ini diawali dengan tahap Define (pendefinisian), Design (perangcangan), Development (mengembangkan), dan Disseminate (penyebaran). Data penelitian yang berbentuk kuantitatif diperoleh dari penilaian validator ahli dan praktisi, guru dan siswa, serta pengamatan aktivitas belajar dan hasil tes unjuk kerja siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, validitas modul pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis teknik critical incidentyang dikembangkan tergolong sangat valid yakni 91,1. Kedua, praktikalitas modul pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis teknik critical incident yang dikembangkan tergolong sangat praktis yakni 94,2 dari hasil praktikalitas oleh guru, dan 82,3 dari hasil praktikalitas oleh siswa. Ketiga, efektivitas modul pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis teknik critical incident yang dikembangkan tergolong sangat efektif karena hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa diperoleh skor ratarata 97,7 dan nilai rata-rata siswa yang menjadi subjek uji coba ialah 82,68. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis teknik critical incident yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di dalam prose pembelajaran bahasa Indonesia khususnya untuk materi menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:12
Last Modified: 19 Oct 2018 09:12
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item View Item