Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi terhadap Kemampuan Menceritakan Tokoh Idola Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki.

Fuji Dwita, Suri (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi terhadap Kemampuan Menceritakan Tokoh Idola Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080283 FUJI DWITA SURI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (201kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh enam permasalahan yaitu sebagai berikut. Pertama, siswa kesulitan untuk bercerita di depan kelas karena belum terbiasa dan terlatih untuk bercerita. Kedua, isi cerita yang disampaikan siswa kurang jelas dan sulit dipahami. Ketiga, siswa kesulitan memahami langkah-langkah menceritakan tokoh idola. Keempat, guru terbiasa mengunakan metode ceramah, diskusi dan pemberian tugas sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Kelima, siswa kesulitan memilih kosakata yang baik dalam menceritakan tokoh idola. Keenam, siswa merasa kesulitan memahami materi tokoh idola yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan kemampuan menceritakan tokoh idola tanpa menggunakan model pembelajaran demonstrasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki. Kedua, untuk mendeskripsikan kemampuan menceritakan tokoh idola dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki. Ketiga, untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh model pembelajaran demonstrasi terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki yang berjumlah 70 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing kelas berjumlah 23 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu sebagai berikut, variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan menceritakan tokoh idola tanpa menggunakan model pembelajaran demonstrasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,93 pada rentangan 66-75% berkualifikasi Lebih Dari Cukup (LDC). Kedua, kemampuan menceritakan tokoh idola dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,98 pada rentangan 76-85% berkualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menceritakan tokoh idola tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Suliki karena > yaitu 3,49 > 1,68. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran demonstrasi baik digunakan dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Oct 2018 04:29
Last Modified: 19 Oct 2018 04:29
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item