Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP N 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.

Erlina, Susila (2017) Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP N 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080204 ERLINA SUSILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, Siswa belum mampu memahami cara menulis puisi yang baik dan benar. Kedua, beberapa siswa tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi. Ketiga, beberapa siswa yang belum terampil dalam menulis puisi. Keempat, siswa kurang memahami materi. Kelima, contoh-contoh yang diberikan guru kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model reciprocal teaching serta pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP N 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 154 orang yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik purposive sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII.2 yang berjumlah 21 orang. Variabel penelitian ini adalah model reciprocal teaching sebagai varibel bebas dan menulis puisi sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kerja siswa kelas VIII SMP N 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dalam menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model reciprocal teaching. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII.2 SMP N 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan sebelum (pretest) menggunakan model reciprocal teaching dengan nilai rata-rata 60, 84 pada kualifikasi Cukup (C) pada rentangan 56-65%. Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII.2 SMP N 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan sesudah (posttest) menggunakan model reciprocal teaching dengan nilai rata-rata 75,65 pada kualifikasi Baik dengan rentangan 76-85%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model reciprocal teaching dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII.2 SMP N 4 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan thitung (9,86) > ttabel (1,72). Dengan kata lain, H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, model reciprocal teaching berpengaruh digunakan dalam pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Oct 2018 03:51
Last Modified: 19 Oct 2018 03:51
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item