Pengaruh Model Pembelaran Explicit Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris.

Shinta, Mustika (2017) Pengaruh Model Pembelaran Explicit Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080308 SHINTA MUSTIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis narasi ekspositoris adalah sebagai. Pertama, minat siswa dalam pembelajaran menulis masih rendah khususnya keterampilan menulis narasi ekspositoris. Kedua, siswa kesulitan menuangkan ide-ide atau pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Ketiga, siswa masih kesulitan dalam menetukan perbedaan narasi ekspositoris dan narasi sugetif. Keempat, siswa sulit menetukan tema yang akan dibuat. Kelima, model pembelajaran yang diberikan guru kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengguaan model pembelajaran explicit instruction terhadap keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre- eksprimental dengan rancangan One Group Pretest Posstest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun2016/2017. Jumlah siswa kelas X tersebut adalah 250 siswa yang tersebar delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang yang berasal dari siswa kelas X.4 dengan teknik penarikan sampel simple random sampling dengan cara penentuan sampel dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata (tingkatan). Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Instrumen penelitian ini diperoleh dari tes unjuk kerja menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 batang Anai Kabupaten padang Pariaman. Hasil data berdasarkan hasil penelitian keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran explicit instruction sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten padang Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran explicit instruction memperoleh nilai rata-rata 61,02 yang kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sesudah menggunakan model pembelajaran explicit instruction memperoleh nilai rata-rata 80,37 dengan kualifikasi Baik (Baik). Dari kedua analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai kabupaten Padang Pariaman karena thitung > ttabel (6,06> 1,67) maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 19 Oct 2018 02:29
Last Modified: 19 Oct 2018 02:29
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item View Item