Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Padang.

Ayu Kurnia, Laily (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audio Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080163 AYU KURNIA LAILY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (187kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) siswa belum terampil menyimak dongeng. (2) pada proses pembelajaran menyimak dongeng guru menyuruh siswa untuk membacakan dongeng di depan kelas, (3) guru tidak menggunakan media yang menunjang pembelajaran menyimak. (4) siswa kesulitan menyimpulkan hasil simakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, Pertama kemampuan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang tanpa menggunakan model inkuiri berbantuan media audio. Kedua, kemampuan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang dengan menggunakan model inkuiri. Ketiga, pengaruh model inkuiri berbantuan media audio terhadap kemampuan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian The Randomized Posstest Only Control Group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dengan mencari standar deviasi terkecil yang berdekatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang yang berjumlah 245 orang. Sampel dalam Penelitian ini berjumlah 60 orang, yang terdiri dari 30 orang siswa kelas VII.5 dan 30 orang siswa kelas VII.8. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif. Berdasarkan analisis data, maka hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang tanpa menggunakan model pembelajaran ikuiri berbantuan media audio berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 74,88. Kedua, kemampuan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang dengan menggunakan model pembelajaran ikuiri berbantuan media audio berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik dengan rata-rata hitung 83,10. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri berbantuan media audio terhadap kemampuan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 28 Padang dengan nilai thitung > ttabel, (6,37) > (1,70).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 18 Oct 2018 09:05
Last Modified: 18 Oct 2018 09:05
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item