Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Ekspositoris Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.

Della, Meliza (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Ekspositoris Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080160 DELLA MELIZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (280kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (281kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima masalah, yaitu (1) Siswa tidak menyukai keterampilan menulis karena siswa menganggap keterampilan menulis itu sulit). (2) Kemampuan menulis siswa masih rendah. (3) Siswa kesulitan dalam menuangkan ide-ide dan gagasannya dalam menulis. (4) Siswa kesulitan dalam membedakan narasi ekspositoris narasi sugestif. (5) Kosakata yang digunakan siswa masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) Keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran (CIRC), (2) Menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sesudah menggunakan model pembelajaran (CIRC), dan (3) Pengaruh model pembelajaran (CIRC) terhadap keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posstest Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA N 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Sampel penelitian siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 31 siswa. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran (CIRC). Hasil penelitian ini adalah Pertama, keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sebelum menggunakan model pembelajaran (CIRC) memperoleh nilai rata-rata 66,36 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi Lebih Dari Cukup. Kedua, keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman sesudah menggunakan model pembelajaran (CIRC) memperoleh nilai rata-rata 77,11 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi Baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran (CIRC)4,88terhadap keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman karena thitung () > ttabel (1,70)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 18 Oct 2018 08:54
Last Modified: 18 Oct 2018 08:54
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2220

Actions (login required)

View Item View Item