Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan

Rani, Susilawati (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Solok Selatan. Masters thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
kesimpulan.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
11010079 RANI SUSILAWATI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurang aktifnya siswa, sedikitnya siswa yang bertanya, kurangnya minat belajar siswa. Hal ini mempengaruhi rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 5 Solok Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achvievement Division (STAD) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 5 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian pada penilaian ranah afektif dilakukan dengan lembaran observer sikap siswa. Penilaian ranah kognitif menggunakan soal yang diberikan melalui tes tertulis diakhir penelitian dengan bentuk objektif sebanyak 36 butir soal. Penilaian ranah psikomotor dilakukan dengan penilaian LDS yang dikerjakan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf nyata 0,05. Hasil analisis data diperoleh pada ranah afektif nilai rata-rata kelas eksperimen 79,5 dan kelas kontrol 84,14. Hal ini menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol lebih tinggi pada kelas eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga thitung=-1,38 sedangkan ttabel=1,67 hal ini menunjukkan thitung<ttabel ini berarti hipotesis ditolak. Pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen 76,4 dan kelas kontrol 65,3. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga thitung=9,17 sedangkan ttabel=1,67 hal ini menunjukkan thitung>ttabel ini berarti hipotesis diterima.. Pada ranah psikomotor nilai rata-rata pada kelas eksperimen 88,32 dan pada kelas kontrol 80,24. Hal ini menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol lebih tinggi pada kelas eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga thitung=1,09 sedangkan ttabel=1,67 hal ini menunjukkan thitung<ttabel ini berarti hipotesis ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapakn model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif. Sedangkan pada ranah afektif dan ranah psikomotor tidak terjadi peningkatan hasil belajar siswa biologi pada kelas XI SMAN 5 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 25 Jun 2018 05:13
Last Modified: 30 Jun 2018 02:09
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item