Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) terhadap Kemampuan Membacakan Berita Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.

Aulia, Adilla (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) terhadap Kemampuan Membacakan Berita Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080142 Aulia Adilla.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (189kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Kesimpulan.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut, kurangnya minat dan keterampilan siswa dalam membaca khususnya membacakan berita. Siswa kesulitan dalam membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap yang baik, karena siswa tidak memperhatikan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal. Pertama, kemampuan membacakan berita sebelum menggunakan tipe (TPS). Kedua, kemampuan membacakan berita sesudah menggunakan tipe (TPS). Ketiga, pengaruh tipe (TPS) terhadap kemampuan membacakan berita siswa kelas XI SMA Negeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 25 orang. Variabel penelitian ini terdiri atas dua, tipe (TPS) sebagai variabel bebas dan membacakan berita sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah hasil tes unjuk kerja membacakan berita siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 2 Koto Baru sebelum dan sesudah penggunaan tipe (TPS). Instrumen penelitian yaitu tes unjuk kerja. Hasil Penelitian ini adalah Pertama, kemampuan membacakan berita siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 2 Koto Baru sebelum (pretest) menggunakan tipe (TPS), memperoleh nilai rata-rata 68,33 dengan kualifikasi Lebih dari Cukup. Kedua, kemampuan membacakan berita siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 2 Koto Baru sesudah (postest) menggunakan tipe (TPS), memperoleh nilai rata-rata 81,33 dengan kualifikasi Baik. Ketiga, pengaruh penggunaan tipe (TPS) terhadap kemampuan membacakan berita siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 2 Koto Baru secara signifikan. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis ) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk=n-1 karena > (3,23>1,71), maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan tipe (TPS) berpengaruh terhadap kemampuan membacakan berita siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 2 Koto Baru dan tipe (TPS) dapat diterapkan dalam membacakan berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:46
Last Modified: 18 Oct 2018 06:46
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2197

Actions (login required)

View Item View Item