Industri Pengolahan Kelapa Sawit PT. Agromuko Palm Oill Mill Desa Teruntung, Kecamatan Teras Terunjam, Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu Tahun 1994-2011

Riska, Nita Natassya (2018) Industri Pengolahan Kelapa Sawit PT. Agromuko Palm Oill Mill Desa Teruntung, Kecamatan Teras Terunjam, Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu Tahun 1994-2011. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
14020072 RISKA NITA NATASSYA ok flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak (2).pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (13kB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustak.docx

Download (25kB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam tulisan ini adalah sejarah perusahaan yang mendeskripsikan perkembangan perusahaan secara keseluruhan. Perseroan terbatas memiliki andil yang cukup besar dalam menyerap tenaga kerja dari dalam daerah maupun luar daerah. Salah satu perusahaaan perseroan terbatas yaitu PT. Agromuko Palm Oil Mill yang berlokasi di Desa Teruntung, Kecamatan Teras Terunjam, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Dengan letak geografis dan potensi alam yang cocok untuk ditanami kelapa sawit menjadikan Kabupaten Mukomuko menjadi daerah yang memiliki perkebunan kelapa sawit terluas. Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan sejarah awal berdirinya PT. Agromuko Palm Oil Mill, perkembangan PT. Agromuko Palm Oil Mill mulai tahun 1994-2011 serta dampak berdirinya PT. Agromuko Palm Oil Mill bagi masyarakat sekitar perusahaan. Tulisan ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi dengan memanfaatkan berbagai sumber, baik dari sumber primer maupun sumber sekunder yang di peroleh dari studi kepustakaan, arsip, dokumen perusahaan, wawancara dengan beberapa narasumber dan observasi langsung ke daerah penelitian. Pabrik pengolahan kelapa sawit PT. Agromuko Palm Oil Mill merupakan bagian dari perusahaan kelapa sawit terbesar di Sumatera Utara yaitu PT. Tolan Tiga Indonesia. Pabrik pengolahan ini hanya memproduksi minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan inti kelapa sawit (Palm Kernel) pada bagian pemasaran diserahkan ke pihak Nusa Tenggara Timur untuk selanjutnya diolah menjadi minyak kelapa sawit siap pakai/siap di konsumsi. Letak geografis dan potensi alam yang cocok untuk tanaman kelapa sawit maka perusahaan memiliki perkebunan yang luas di wilayah Kabupaten Mukomuko. Berdirinya pabrik pengolahan kelapa sawit PT. Agromuko Palm Oil Mill memberikan banyak dampak positif baik bagi karyawan maupun bagi masyarakat sekitar pabrik, ini dapat dilihat dari perubahan sosial dan ekonomi masyarakat di Desa Teruntung, Kecamatan Teras Terunjam, Kabupaten Mukomuko.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 07 Jul 2018 01:54
Last Modified: 07 Jul 2018 01:54
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item