Perbedaan Tipe Kepribadian Peserta Didik yang Dominan Menggunakan Otak Kiri dan Kanan di SMA N 9 Padang.

Rani Sufatma, Dewi (2018) Perbedaan Tipe Kepribadian Peserta Didik yang Dominan Menggunakan Otak Kiri dan Kanan di SMA N 9 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
RANI SUFATMA DEWI 13060086 (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (189kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (257kB)

Abstract

Fenomena yang ditemukan peserta didik belum mengetahui bagaimana bentuk tipe kepribadian yang dominan menggunakan otak kiri, peserta didik juga belum mengetahui bagaimana bentuk kepribadian yang dominan menggunakan otak kanan.Tujuannya untuk megetahui tipe kepribadian peserta didik yang dominan menggunakan otak kiri, mengatahui kepribadian yang dominan menggunakan otak kanan, dan mengetahui perbedaan tipe kepribadian peserta didik yang dominan menggunakan otak kiri dan kanan tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik proposional random sampling yaitu 301 peserta didik kelas X, dengan sampel penelitian 80 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus interval dan program IBM SPSS versi 20.00 untuk melihat perbedaan tipe kepribadian peserta didik yang dominan menggunakan otak kiri dan kanan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Kepribadian yang dominan menggunakan otak kiri terdapat 40 peserta didik berada pada kategori baik memiliki pribadi melankolis, dan 2 peserta didik berada pada kategori cukup baik (2) Kepribadian yang dominan menggunakan otak kananterdapat 40 peserta didik pada kategori sangat baik berada padapribadi sanguins. (3) Terdapat perbedaanyang signifikan dengan nilai t hitungsebesar 8,793 dan t tabel ditentukan dari tabel t dengan df 39 = sebesar 1,683 dengan (α) = 0,05. Maka dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa dinyatakan signifikan karena t hitung>t tabel (8,793> 1,683) dengan kata lain hipotesis yang diterima berbunyi terdapat perbedaan yang signifikan antara kepribadian otak kiri dan kanan. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada peserta didik untuk mengetahui tipe keribadian yang dimiliki antara dominan otak kiri dan kanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:45
Last Modified: 17 Oct 2018 06:45
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item