Pengaruh Penggunaan Teknik Reka Cerita Gambar terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Padang

Fani, Rosfita Dewi (2017) Pengaruh Penggunaan Teknik Reka Cerita Gambar terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (344kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (359kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
12080271 FANI ROSFITA DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan yaitu sebagai berikut. Pertama, siswa kurang mengerti mengenai materi teks negosiasi. Kedua, siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan ide dan gagasannya kedalam bentuk teks negosiasi. Ketiga, teknik dan media yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar belum efektif dan tidak bervariasi sehingga siswa merasa bosan dan tidak serius memperhatikan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMKN 4 Padang sebelum menggunakan teknik reka cerita gambar. Kedua, mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMKN 4 Padang sesudah menggunakan teknik reka cerita gambar. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik reka cerita gambar terhadap kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMKN 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan jenis rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Padang yang terdaftar pada tahun 2015/2016 yang terdiri dari 12 kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik purposive sampling dan yang menjadi sampel adalah kelas X Lukis A. Instrumen yang dilakukan adalah tes unjuk kerja memproduksi teks negosiasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik reka cerita gambar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yaitu sebelum dan sesudah menggunakan teknik reka cerita gambar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 4 Padang sebelum menggunakan teknik reka cerita gambar pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan tingkat penguasaan 66-75% dengan rata-rata hitung yang diperoleh 70,63. Kedua, kemampuan memproduksi teks negosiasi sesudah menngunakan teknik reka cerita gambar pada kualifikasi baik (B) berada pada tingkat penguasaan 76-85% dengan rata-rata hitung 79,58. Ketiga, penggunaan teknik reka cerita gambar terdapat pengaruh yang signifikan dari sebelum dan sesudah menggunakan teknik reka cerita gambar dalampembelajaran memproduksi teks negosiasi dari hasil uji-t pada taraf 0,05 thitung > 3,44 ttabel 1,70 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik reka cerita gambar baik digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Lela Nurlela
Date Deposited: 12 Nov 2018 09:34
Last Modified: 12 Nov 2018 09:34
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item