“Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang”.

Ruri, Rimenta (2017) “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang”. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13080122 RURI RIMENTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (268kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertama, siswa kurang minat dalam pelajaran menulis. Kedua, siswa tidak memahami tentang struktur teks diskusi. Ketiga, siswa kesulitan dalam mengembangkan ide disebabkan oleh keterbatasan kosakata. Keempat, usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan menulis teks diskusi bahan atau sumber tentang bahan ajar. Kelima¸ hasil menulis teks diskusi belum memenuhi indikator penilaian. Keenam, dalam proses mengajr guru menggunakan metode ceramah, inquiri, dan pemodelan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks diskusi tanpa menggunakan model pembelajaran think talk write dan dengan menggunakan model pembelajaran think talk write siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen quasi eksperimen. Desain penelitian the randomized posttest only control grup. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 249 orang dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 dan VIII.6 sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil keterampilan menulis teks diskusi tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran think talk write. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut, pertama, keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang tanpa menggunakan model pembelajaran think talk write berkualifikasi lebih Dari Cukup (LDC) dengan rata-rata-rata 61,77 berada pada rentangan 56%-65%. Kedua, keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang dengan menggunakan model pembelajaran think talk write berkualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,66 berada pada rentangan 76%-85%. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan tanpa menggunakan model pembelajaran think talk write dan dengan menggunakan model pembelajaran think talk write. Hasil uji-t pada taraf kepercayaan 95% (=0,05) thitung>ttabel (7,67>1,65) dengan demikian H1 diterima. Berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran think talk write terhadap keterampilan menulis teks diskusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 09 Oct 2018 07:20
Last Modified: 09 Oct 2018 07:20
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item