Sistem Pendidikan Anak Dalam Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Koto Tangah Kota Padang

Annisa, Annisa (2017) Sistem Pendidikan Anak Dalam Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Koto Tangah Kota Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (8kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustka.pdf

Download (16kB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
12070113 ANNISA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh orang tua yang tidak maksimal menjalankan peran dan tanggung jawabnya dalam mendidik anak, mengajarkan tentang ilmu agama, dan memberikan pendidikan formal. Namun, mereka mendapatkannya di Panti Asuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk sistem pendidikan anak dan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pendidikan informal anak di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Koto Tangah Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sistem dari Niklas Luhman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 12 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam 3 tahap yaitu Observasi partisipan, Wawancara mendalam, dan Studi dokumentasi. Unit analisis adalah individu yaitu pengasuh dan anak asuh. Analisis data menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari 4 tahap yaitu Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Bentuk sistem pendidikan anak di dalam Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Koto Tangah Kota Padang dapat dilihat dari (a) dasar pendidikan yaitu nilai-nilai yang berhubungan dengan keagamaan, (b) tujuan pendidikan di panti asuhan yaitu membentuk anak yang mandiri, berakhlak mulia, sopan santun, sukses, dan menjadi anak sholeha, (c) pendidik yaitu Ibu Panti, Ketua Yayasan Aisyiyah, dan mahasiswa dari UNP, (d) anak panti yaitu hanya sebagian anak asuh yang dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan ada kegiatan lain, (e) materi pembelajaran di panti asuhan yaitu berhubungan dengan keagamaan dan pembekalan, (f) metode pembelajaran di panti asuhan yaitu menggunakan metode ceramah secara timbal balik, (g) sarana pendidikan di panti asuhan yaitu kadang-kadang menggunakan papan tulis, dan (h) lingkungan pendidikan di panti asuhan yaitu semua segi lingkungan dapat menunjang pendidikan anak di Panti Asuhan, 2) Kendala-kendala dalam proses pendidikan informal anak yaitu (a) waktu anak yang padat di sekolah, (b) minat belajar anak yang kurang dan (c) perilaku anak asuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 29 Sep 2018 07:12
Last Modified: 29 Sep 2018 07:12
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item