Pengaruh Penerapan Model Word Square terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA N 10 Sijunjung.

Yolla, Yursalinda (2017) Pengaruh Penerapan Model Word Square terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA N 10 Sijunjung. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13020186 YOLLA YURSALINDA sejarah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (184kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yaitu, siswa masih beranggapan bahwa menulis teks biografi merupakan hal yang membosankan, hal ini disebabkan karena dalam mengajar guru tidak menerapkan model yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk, mendeskripsikan pengaruh penerapan model Word Square terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA N 10 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre eksperimen rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 10 Sijunjung yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 112 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 yang berjumlah 21 orang. Variabel penelitian ini adalah model Word Square sebagai variabel bebas dan teks biografi sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kerja siswa kelas X SMA N 10 Sijunjung dalam menulis teks biografi sebelum dan sesudah menerapkan model Word Square. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA N 10 Sijunjung sebelum menerapkan model Word Square ialah 60,84 dengan kualifikasi Cukup pada rentangan 56-65%. Kedua, kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA N 10 Sijunjung sesudah menerapkan model Word Square ialah 75,65 dengan kualifikasi Baik dengan rentangan 76-85%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan Model Word Square dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas X SMA N 10 Sijunjung dengan thitung (8,36) > ttabel (1,72). Dengan kata lain, H1 diterima karena thitung > ttabel pada derajat kebebasan (dk)=n-1 pada taraf signifikasi 95%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PA Classical philology
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Devi
Date Deposited: 24 Sep 2018 09:53
Last Modified: 24 Sep 2018 09:53
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item