Perkembangan Koperasi Serba Usaha Perempuan di Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya tahun 2007-2013, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah

Boy, Kurniadi (2018) Perkembangan Koperasi Serba Usaha Perempuan di Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya tahun 2007-2013, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13020031 BOY KURNIADI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.doc

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang perkembangan Koperasi Serba Usaha Perempuan di Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya tahun 2007-2013. Koperasi ini memperoleh piala penghargaan pada tahun 2013 sebagai koperasi berprestasi dan berpotensi Tingkat Sumatera Barat. Adapun rumusan permasalahan dari penelitian ini yaitu bagaimana awal berdiri Koperasi Serba Usaha Perempuan di Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya dan bagaimana bentuk usaha serta perkembangan Koperasi Serba Usaha Perempuan di Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya tahun 2007-2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan awal berdiri dan bentuk serta perkembangan Koperasi Serba Usaha Perempuan di Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya tahun 2007-2013. Penulisan skripsi mengenai Perkembangan Koperasi serba usaha perempuan sesungguhnya adalah kajian mengenai Sejarah Lembaga. Penulisan skripsi ini menggunakan metode sejarah. Tahap pertama yang digunakan dalam penelitian ialah heuristik atau pengumpulan data, data itu berupa sumber primer ataupun sekunder. Selanjutnya yang kedua kritik sumber, berupa kritik intern atau ekstern, tahap ketiga interpretasi yakni mengenai pemahaman terhadap sumber-sumber yang akan diteliti, dan tahap yang keempat yaitu historiografi berupa penulisan hasil dari penelitian. Koperasi Serba Usaha Perempuan berawal dari adanya kegiatan julo-julo dan ide-ide dari pendiri koperasi yang merupakan dasar dalam pembentukkan Koperasi Serba Usaha Perempuan. Keanggotaan koperasi memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah keorganisasian koperasi, keanggotaan tersebut didasarkan pada kesamaan kepentingan ekonomi dalam lingkup usaha koperasi. Kepengurusan koperasi serba usaha perempuan terdiri dari anggota, pengawas, pengurus dan pengelola. Bentuk usaha yang terdapat di Koperasi Serba Usaha Perempuan yaitu simpan pinjam, unit ATK, unit toko dan perlengkapan perempuan. Perkembangan Koperasi Serba Usaha Perempuan berkembang dengan baik, hal ini dapat dilihat dari bertambahnya tempat usaha, bertambahnya aset atau modal usaha, bertambahnya anggota, bertambahnya nasabah, bertambahnya sisa hasil usaha secara dinamis. Dapat disimpulkan bahwa, perkembangan Koperasi Serba Usaha Perempuan di Pulau Punjung berkembang dengan baik, hal tersebut dapat dibuktikan melalui terpenuhinya kebutuhan hidup seperti kaum perempuan dapat membeli alat-alat rumah tangga, menyekolahkan anak/membiayai biaya kuliah anak, membangun usaha dengan modal yang diberikan sesuai dengan yang diinginkannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:31
Last Modified: 05 Jul 2018 08:31
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item