Profil Faktor-faktor Penyebab Peserta Didik Mengalami Kesulitan dalam Proses Belajar di Kelas VIII SMP N 1 Ranah Batahan.

Sangkot, Sangkot (2017) Profil Faktor-faktor Penyebab Peserta Didik Mengalami Kesulitan dalam Proses Belajar di Kelas VIII SMP N 1 Ranah Batahan. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12060228 Sangkot.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (68kB)
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang sulit memahami proses pembelajaran, adanya peserta didik yang berbicara saat guru menerangkan pelajaran, adanya peserta didik yang sering keluar masuk kelas pada jam pelajaran, adanya peserta didik yang sering tidak masuk kelas, adanya peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM, adanya peserta didik yang lambat dalam melakukan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik. 2) Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP 1 Ranah Bantahan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sama dengan populasi. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data diolah menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang profil faktor-faktor penyebab peserta didik mengalami kesulitan dalam proses belajar kelas VIII SMP N 1 Ranah Batahan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) faktor internal penyebab peserta didik mengalami kesulitan dalam proses belajar di kelas VIII SMP N 1 Ranah Batahan berada pada kategori cukup tinggi. 2) faktor eksternal penyebab peserta didik mengalami kesulitan dalam proses belajar di kelas VIII SMP N 1 Ranah Batahan berada pada kategori rendah. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik diharapkan untuk meningkatkan kemampuannya dalam proses belajar, Guru mata pelajaran diharapkan dapat mengenali peserta didiknya secara baik, Guru BK diharapkan dapat memberikan layanan yang sesuai dan tepat kepada peserta didik, Orangtua sangat diharapkan membantu serta memfasilitasi peserta didik sebagai upaya pendorong untuk proses pembelajaran, peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang perbedaan faktor penyebab kesulitan belajar dan faktor internal dan faktor eksternal peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 13 Sep 2018 05:12
Last Modified: 13 Sep 2018 05:12
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item