Hubungan Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP Negeri 1 Panti Kab Pasaman.

NURHAJIJAH, NURHAJIJAH (2017) Hubungan Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP Negeri 1 Panti Kab Pasaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13060134 NURHAJIJAH OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah yang ditemui pada peserta didik yang efikasi dirinya rendah dan motivasi belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) gambaran efikasi diri peserta didik, 2) gambaran motivasi belajar peserta didik, 3) hubungan efikasi diri dengan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Panti. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified random sampling dengan rumus Slovin. Dari hasil perhitungan diperoleh sampel sebanyak 102 orang. Instrumen yang digunakan dala penelitian ini adalah angket. Untuk menganalisis data digunakan rumus Pearson Product Moment Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik kriterium sturgess dan uji korelasi dengan menggunakan program Software IBM Statistical Package for the Social Sciences version 19 for windows (IBM SPSS Versi 19) Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Efikasi diri berada pada kategori tinggi 2) Motivasi belajar juga berada pada kategori tinggi 3) Terdapat hubungan secara signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar peserta didik dengan korelasi 0,306**, dan taraf signifikan 0,002 dengan arah hubungannya 1 positif. Berarti semakin baik hubungan efikasi diri dengan motivasi belajar maka akan meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik tersebut. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu kepala sekolah dan guru BK untuk lebih meningkatkan efikasi diri dan motivasi yang ada dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:24
Last Modified: 12 Aug 2020 07:29
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item View Item