Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Efikasi Diri Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.

Ilham, Nazli, (2017) Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Efikasi Diri Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
11060334 ILHAM NAZLI (BK).pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang gugup, ragu-ragu, gemetar, takut, grogi, canggung, malu, menyendiri, ribut, dan diam ketika dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap yaitu: Faktor yang mempengaruhi perkembangan efikasi diri peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping 1) Dilihat dari pengalaman keberhasilan (mastery experience). 2) Dilihat dari pengalaman orang lain (vicarious experience). 3) Dilihat dari persuasi verbal (verbal persuasion). 4) Dilihat dari kondisi fisiologis (physiological state). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik yang berada di kelas VIII SMP N 3 Lubuk Sikaping yang berjumlah 175 orang dan sampel dalam penelitian berjumlah sebanyak 99 orang dengan menggunakan proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data adalah melalui pengisian angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus interval Sturgess dengan bantuan program microsoft excel 2007. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diungkapkan: secara umum berada kategori baik. Secara subvariabel dapat dilihat faktor efikasi diri peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Sikaping. 1) Dilihat dari pengalaman keberhasilan (mastery experience) berada pada kategori banyak. 2) Dilihat dari pengalaman orang lain (vicarious experience) berada pada kategori sangat banyak. 3) Dilihat dari persuasi verbal (verbal persuasion) berada pada kategori cukup sedikit. 4) Dilihat dari kondisi fisiologis (physiological state) berada pada kategori sangat sedikit. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada peserta didik agar dapat membangun serta meningkatkan perkembangan efikasi dirinya dan guru BK mampu melihat faktor yang mempengaruhi efikasi diri peserta didik dan memberikan layanan yang dapat meningkatkan efikasi diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 20 Aug 2018 02:04
Last Modified: 20 Aug 2018 02:04
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item