Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA N 5 Pariaman.

Veni, Yuliani (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA N 5 Pariaman. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
13060264 VENI YULIANI oke.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa masih kurang termotivasi dan kurang berminat dalam menulis argumentasi. Kedua, keterampilan menulis siswa masih rendah karena siswa sulit mengungkapkan ide dan gagasan dalam menulis argumentasi. Ketiga, metode pembelajaran yang tidak bervariasi dalam pembelajaran menulis argumentasi. Keempat, sarana dan prasarana yang masih kurang memadai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan. Pertama, keterampilan menulis karangan argumentasi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation siswa kelas X SMA Negeri 5 Pariaman. Kedua, keterampilan menulis karangan argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation siswa Kelas X SMA Negeri 5 Pariaman. Ketiga, pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa Kelas X SMA Negeri 5 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan menggunakan rancangan The Randomized Posttest Only Control Group. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, berjumlah 29 orang pada kelas kontrol dan berjumlah 28 orang pada kelas ekperimen. Data penelitian ini adalah skor keterampilan menulis argumentasi siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan dengan pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Berdasarkan analisis data dapat diketahui. Pertama, keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA N 5 Pariaman tanpa menggunakan model kooperatif tipe group investigation memperoleh nilai rata-rata sebesar 59,76 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup (C). Kedua, keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA N 5 Pariaman dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,80 berada pada rentangan 66-75% berkualifikasi lebih dari cukup (LDC). Ketiga, terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA N5

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 16 Aug 2018 08:23
Last Modified: 16 Aug 2018 08:23
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item