Peningkatan Pengendalian Emosi melalui Bimbingan Kelompok pada Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Muhmmadiyah Sungai Penuh.

Isma, Fitria (2017) Peningkatan Pengendalian Emosi melalui Bimbingan Kelompok pada Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Muhmmadiyah Sungai Penuh. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13060164 ISMA FITRIA ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya remaja yang memiliki pengendalian emosi yang belum stabil dan belum bisa mengontrol emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pengendalian emosi sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada remaja dilihat dari aspek kontrol emosi. 2) Peningkatan pengendalian emosi sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada remaja dilihat dari aspek kritis mental.3) Peningkatan pengendalian emosi sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada remaja dilihat dari aspek pemahaman diri Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 11 orang remaja. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 11 orang remaja. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase dan teknik analisis datanya menggunkan uji wilcoxon Matched Pairs yaitu dengan cara mencari perbedaan pre-test dan post-test Berdasarkan hasil penelitian peningkatkan emosi melalui layanan bimbingan kelompok dapat disimpulkan bahwa: 1) Pengendalian emosi sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada remaja dilihat dari aspek kontrol emosi mengalami peningkatan 2) Pengendalian emosi sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada remaja dilihat dari aspek kritis mental mengalami peningkatan 3) Pengendalian emosi sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok pada remaja dilihat dari aspek pemahaman diri mengalami peningkatan. Penelitian ini dapat direkomendasikan pada pihak panti untuk terus menjalani kegiatan yang berupa bimbingan kelompok agar remaja bisa menjaga komunikasi antara mereka terlebih untuk bisa mengurangi beban masalah yang sedang mereka hadapi selama di lingkungan sekolah dan panti asuhan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:22
Last Modified: 16 Aug 2018 07:22
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item