Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar (Studi Deskriptif di kelas XI SMK N 9 Padang).

Reni, Yuliani (2017) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar (Studi Deskriptif di kelas XI SMK N 9 Padang). Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13060086 RENI YULIANI oke.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian adalah adanya peserta didik yang belum memahami gaya belajarnya masing-masing, proses pembelajaran yang kurang maksimal sehingga mempengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian untuk: (1) Mendeskripsikan gaya belajar visual peserta didik. (2) Mendeskripsikan gaya belajar auditorial peserta didik. (3) Mendeskripsikan gaya belajar kinestetik peserta didik. (4) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik. (5) Melihat pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar kelas XI di SMK N 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan regresi. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik proposional random sampling yaitu 396 peserta didik kelas XI, dengan sampel penelitian 196 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus interval dan program IBM SPSS versi 20.00 untuk melihat pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Gaya belajar visual terdapat 104 peserta didik pada kategori sangat sesuai. (2) Gaya belajar auditorial terdapat 116 peserta didik pada kategori sangat sesuai. (3) Gaya belajar kinestetik terdapat 133 peserta didik pada kategori sangat sesuai. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar, hal ini ditunjukan dengan nilai sig=0,000<0,05. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada peserta didik untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki, dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya dan merasa pentingnya mengetahui gaya belajar dimiliki. Guru BK dapat memberi solusi pada rendahnya nilai peserta didik yang dipengaruhi gaya belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 11 Aug 2018 02:46
Last Modified: 11 Aug 2018 02:46
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

View Item View Item