An Analysis Of Higher Order Thinking Skills (Hots) Test Items On English Semester Test (A Study At Sman 3 Padang Of Academic Year 2018/2019)

Miftahul, Rahmi (2020) An Analysis Of Higher Order Thinking Skills (Hots) Test Items On English Semester Test (A Study At Sman 3 Padang Of Academic Year 2018/2019). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
MIFTAHUL RAHMI (15040010) THESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
CHAPTER V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang digunakan oleh Guru Bahasa Inggris dalam soal ujian semester bahasa inggris. Dalam penelitian ini peneliti menganalisa karakteristik dan kategori dari Higher Order Thinking Skills (HOTS). Karakteristik dari Higher order thinking skill diantaranya; Berfikir kritis, berfikir kreatif, membuat keputusan dan Penyelesaian masalah. Berdasarkan Taksonomi Bloom revisi dari Anderson dan Krathwol, Ada 3 kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang dapat digunakan oleh guru dalam membuat item tes yaitu: analisis, evaluasi dan menciptakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan karakteristik dan kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terdapat didalam soal ujian semester bahasa inggris yang dibuat oleh guru (MGMP). Dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal ujian semester yang diambil dari dokumen guru bahasa Inggris di SMA Negri 3 Padang. Berdasarkan data yang didapatkan pada saat penelitian, soal ujian semester bahasa inggris yang di buat oleh guru (MGMP) telah menggunakan kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS). Sebagai hasil dari analisis soal ujian semester, ditemukan 28% soal HOTS. Dari hasil penelitian ditemukan salah satu karakteristik dari Higher Order Thinking Skill yaitu Berfikir kritis, dimana ada 14 soal yang masuk kedalam kategori berfikir kritis. Kemudian, juga ditemukan beberapa kategori dari Higher Order Thinking Skills (HOTS, dimana erdapat 14 soal HOTS dari 50 butir soal dengan kategori analisis sebanyak 11 soal dan evaluasi sebanyak 3 soal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Higher Order Thinking Skills (HOTS) telah diterapkan oleh guru SMA Negeri 3 Padang. Kata Kunci:Higher Order Thinking Skills (HOTS), Test

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Apr 2021 07:51
Last Modified: 29 Apr 2021 07:51
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12089

Actions (login required)

View Item View Item