Students Communication style in Micro Teaching Class (A Study At English Department of STKIP PGRI Sumatera Barat in Academic Year 2018/2019)

Rafika, Saputra (2020) Students Communication style in Micro Teaching Class (A Study At English Department of STKIP PGRI Sumatera Barat in Academic Year 2018/2019). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Skripsi Lengkap)
RAFIKA SAPUTRA 15040063 THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
CHAPTER V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa saja jenis gaya komunikasi mahasiswa dan bagaimana gaya komunikasi mahasiswa dikelas mikroteaching. Dalam proses belajar mengajar, tentu mahasiswa menggunakan gaya komunikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dengan kemampuan dan kesiapan mahasiswa menjadi seorang calon guru dikelas mikroteaching. Lebih lanjut, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan random sampling untuk menentukan partisipan. Ada 54 dokumen video siswa dikelas mikroteaching, tetapi peneliti hanya memilih 11 dokumen untuk di jadikan partisipan dalam penelitian ini. Data didapatkan dengan menggunakan pengamatan melalui rekaman video (video record) and dokumen ceklis (document cheklist). Ada 3 tipe gaya komunikasi yaitu gaya komunikasi pasif (passive), gaya komunikasi agresif (aggressive) dan gaya komunikasi tegas (assertive). Dari hasil penelitian, peneliti menemukan hanya dua gaya komunikasi yang digunakan seluruhnya oleh mahasiswa dalam proses mengajar dikelas mikroteaching yaitu pasif dan asertif. Sedangkan, gaya komunikasi agresif hanya ditemukan mahasiswa yang mengajar sering melakukan kesalahan yang berulang-ulang dan tidak ditemukan mahasiswa yang mengajar suka dalam memberi kritikan, tidak menerima pendapat/saran dan exspresi mudah emosi dalam mengajar. Tetapi, peneliti berharap agar semua mahasiswa dapat menerapkan gaya komunikasi asertif ketika mengajar dikelas mikroteaching, agar bisa menjadi seorang guru yang baik untuk siswa, apabila melakukan praktek lapangan nantinya di sekolah. Kata Kunci: Communication Style, and Micro Teaching.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 29 Apr 2021 07:21
Last Modified: 29 Apr 2021 07:21
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12085

Actions (login required)

View Item View Item