Analisis Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Ujian Tengah Semester Ganjil Kelas XI Sejarah Wajib di SMAN 3 Padang

Shovia, Sulistiana Putri (2020) Analisis Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Ujian Tengah Semester Ganjil Kelas XI Sejarah Wajib di SMAN 3 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
SHOVIA SULISTIANA PUTRI 15020033 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah soal HOTS ialah untuk melatih peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif. Guru tidak dapat menilai peserta didik dengan penilaian tipe HOTS tanpa melakukan pembelajaran HOTS terlebih dahulu. HOTS seringkali terjadi salah pengertian. Salah seorang guru beranggapan bahwa jika soal telah menggunakan kata kerja bantu, pasti soal tersebut sudah HOTS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan serta mengkaji kemampuan berfikir tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi) peserta didik pada Analisis Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Kelas XI Sejarah Wajib SMAN 3 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluatif kualitatif tipe yang digunakan deskriptif, untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif yang dikemukakan oleh Milles Huberrman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan, bahwa Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) yang digunakan untuk Ujian Tengah Semester Ganjil kelas XI Sejarah Wajib Tahun Ajaran 2019/2020 di SMAN 3 Padang, dalam temuan penelitian terdapat 43,3% Soal Kategori HOTS diantaranya 26,7% Menganalisis (C4), 13,3% Evaluasi (C5), dan 3,3% Mencipta (C6). Soal Kategori HOTS 26,7% Menganalisis (C4) Ini menunjukkan bahwa kategori analisis memperoleh distribusi soal tertinggi di antara Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS). Sedangkan untuk Pertanyaan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) yang ditemukan dalam tes hampir mencapai ukuran yang baik untuk kategori Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS). Kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat penting bagi siswa, karena di tingkat pendidikan yang lebih tinggi siswa akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan kategori model Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dalam Ujian Nasional dan Universitas. Alasan lainnya adalah akan membantu siswa untuk dapat berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, karena di era baru perkembangan teknologi lebih cepat dari yang kita ketahui. Mempersiapkan siswa menghadapi masalah yang akan mereka temukan dalam hidup mereka. Sesuai dengan tujuan pendidikan yang mempersiapkan siswa menghadapi abad 21.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:57
Last Modified: 27 Apr 2021 01:57
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12079

Actions (login required)

View Item View Item