Pengaruh Penggunaan Media Mind Mapping terhadap Pemahaman Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Padang

Willyanda, Ditya Alamzah (2020) Pengaruh Penggunaan Media Mind Mapping terhadap Pemahaman Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
SKRIPSI Willyanda OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan .pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang minimnya variasi media yang diterapkan guru dalam pembelajaran sejarah, dan kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah di kelas, akibatnya mempengaruhi hasil nilai Mid Siwa kelas XI IPS yang mana tidak mencapai Kkm yaitu 78, Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu alternatife dikerjakan oleh peserta didik karena dengan keterlibatan langsung dalam proses pembelajaran akan meningkatkan hasil belajar siswa, adapaun tujuan dari penelitian ini ingin melihatkan bahwa media mind mapping adalah media yang bisa membuat peserta didik aktif dan tidak hanya diam dalam pembelajaran, Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan random kelompok ( Cluster ) dan terpilih XI IPS 5 lokal Eksperimen dan XI IPS 1 lokal Control. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eskperimen kuantitatif, yang melakukan uji soal dengan uji pre test dan uji post test untuk membandingkan hasil pemahaman belajar siswa dengan menggunakan media mind mapping dan pembelajaran ceramah. Pengambilan data dilakukan dengan pre test dan post test dengan menggunakan soal objektif 17 soal dan setelah diuji hanya 7 soal yang layak dipakai, Nilai rata rata pre test kelas Eksperimen adalah 0,08 sedangkan kelas Control adalah 1,18 terlihat bahwa kelas eksperimen kalah dalam nilai rata rata pre test, maka dari itu dilakukan uji hipotesis selisih dengan hasi nilai rata rata eksperimen 2,53 sedangkan kelas control 2,5, dapat disimpulkan bahwa media mind mapping tidak berpengaruh pada hasil belajar siswa, namun mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan berkemampuan rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:48
Last Modified: 27 Apr 2021 01:48
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12077

Actions (login required)

View Item View Item