Penerapan Sanksi Disiplin Sebagai Salah Satu Strategi Guru Menanamkan Nilai Karakter Kepada Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah kelas XI IPS IV Di SMA N 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Kalkausar, Kalkausar (2020) Penerapan Sanksi Disiplin Sebagai Salah Satu Strategi Guru Menanamkan Nilai Karakter Kepada Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah kelas XI IPS IV Di SMA N 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
SKRIPSI (Kalkausar 14020070).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK (Kalkausar 14020070).pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
BAB V (Kalkausar 14020070).pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (Kalkausar 14020070).pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu sekolah diwilayah Sungai Aur berupaya untuk menerapkan tata tertib sekolah, namun sejak diberlakukanya tata tertib tersebut masih ada pelanggaran yang dilakukan oleh siswa dengan berbagai pola pelanggaran yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini penulisakan mendeskripsikan beberapa tujuan dari penelitian ini. Mendeskripsikan penerapan sanksi disiplin sebagai salah satu strategi guru menanamkan nilai karakter kepada peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS IV di SMA N 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan sanksi disiplin sebagai salah satu strategi guru menanamkan nilai karakter kepada peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS IV di SMA N 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan bersifat deskriptif, untuk mengambarkan penerapan sanksi sebagai salah satu srategi guru untuk menanamkan nilai krakter disiplin kepada peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS IV di SMA N 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Metode penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuantemuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya dan bertujuan untuk mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual melalui pengupulan data dari latar alami dengan memamfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna berdasarkan perspektif subyek lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan sanksi disiplin sebagai salah satu strategi guru menanamkan nilai karakter kepada peserta didik dalam pembelajaran Sejarah kelas XI IPS IV di SMA N 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat, bahwa sekolah ini menerapkan sanksi disiplin terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib. Namun penerapan itu tak serta merta berjalan dengan lancar terdapat kendala yang dilalalui oleh tenaga pendidik. penerapan sanksi disiplin kepada peserta didik sebagai bentuk upaya dalam menanamkan nilai karakter. Sebelum penerapan sanksi tersebut, sekolah terlebih dahulu menyusun tata tertib bagi peserta didik. Jika ada yang melanggar maka akan diberikan Sanksi. Pemberian Sanksi tersebut untuk memberikan Pendidikan yang baik agar tak melanggar. Penerapan sanksi tersebut semua tenaga pendidik harus konsisten dalam menerapkannya, agar penanaman nilai karakter kepada peserta didik tercipta, dan menjadikan peserta didik sebagai manusia yang berkarakter. Penerapan sanksi merupakan suatu peraturan yang harus ditegakkan untuk para peserta didik yang telah melanggar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:32
Last Modified: 27 Apr 2021 01:32
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12075

Actions (login required)

View Item View Item