Analisis Kesulitan Guru IPA Dalam Melaksanakan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Di SMP/MTSN Se-Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Yesti, Kartika (2020) Analisis Kesulitan Guru IPA Dalam Melaksanakan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Di SMP/MTSN Se-Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
YESTI KARTIKA 15010138 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, di SMPN/MTsN se-Kecamatan Bayang hanya melaksanakan 3 tahapan dari pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi), sedangkan yang harus diterapkan dari tahapan pendekatan saintifik yakni (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan). Tujuan penelitian mengetahui kesulitan guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik di SMPN/MTsN se-Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPA SMPN/MTsN se-Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 19 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulkan data dalam penelitian adalah angket dan lembar wawancara. Analisis data menggunakan statistik persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka didapatkan hasil pada setiap indikator melakukan proses pembelajaran dengan mengamati didadapatkan persentase sebesar 89,04% dengan kriteria tidak sulit. Kegiatan melakukan proses pembelajaran dengan menanya didapatkan persentase 88,05% dengan kriteria tidak sulit. Kegiatan melakukan proses pembelajaran dengan mengumpulkan informasi didapatkan persentase sebesar 85,68% dengan kriteria tidak sulit. Kegiatan melakukan proses pembelajaran dengan mengasosiasi didapatkan persentase 88,16% dengan kriteria tidak sulit. Kegiatan melakukan proses pembelajaran dengan mengkomunikasikan didapatkan persentase 91,45% dengan kriteria tidak sulit. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di SMPN/MTsN se-Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan guru IPA tidak mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 24 Apr 2021 02:53
Last Modified: 24 Apr 2021 02:53
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item View Item