Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP N 29 Solok Selatan

Novrifaldi, Candra (2020) Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP N 29 Solok Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
15010131 - NOVRIFALDI CANDRA - SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
15010131 - NOVRIFALDI CANDRA - ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
15010131 - NOVRIFALDI CANDRA - BAB V PENUTUP.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
15010131 - NOVRIFALDI CANDRA - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar siswa akan mempengaruhi hasil akhir belajar. Proses belajar yang ditanggapi oleh siswa tidak terlepas dari aktivitas belajar. Permasalahan yang ditemukan bahwa rendahnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran berupa membaca materi, mengamati, bertanya, mengeluarkan pendapat, mencatat pelajaran, menyimpulkan pelajaran, serta pengumpulan tugas yang tidak tepat waktu, sehingga menyebabkan pembelajaran kurang optimal. Jika aktivitas belajar yang dilakukan siswa tidak optimal maka akan berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP N 29 Solok Selatan. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu total sampling, sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII.1 beserta kelas VIII.2 berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian melihatkan hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar sangat lemah. Dilihat pada uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukan thitung < ttabel , dengan nilai thitung 0,06 dan nilai ttabel 1,68 pada taraf signifikan 95%. Maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat lemah antara aktivitas dan hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia siswa kelas VIII SMP N 29 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 24 Apr 2021 02:47
Last Modified: 24 Apr 2021 02:47
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12072

Actions (login required)

View Item View Item