Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning dilengkapi Peta Konsep Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Kelas XI SMA

Wetty, Sentia Ningsih (2020) Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning dilengkapi Peta Konsep Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Kelas XI SMA. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
15010126-WETTY SENTIA NINGSIH (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Biologi di SMAN 1 Talamau sudah menggunakan kurikulum 2013, namun prosesnya belum mengajarkan keterampilan pemecahan masalah melalui pengalaman langsung berdasarkan ketentuan kurikulum 2013, sehingga menyebabkan siswa kurang aktif. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan metode diskusi dan hanya menggunakan lembaran diskusi yang dibuat pada double folio sehingga aktivitas siswa tidak terarah. Lembar diskusi tidak efektif karena tidak adanya petunjuk pembelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, waktu penyelesaian, langkah kerja dan materi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka bahan ajar LKPD dapat membentuk keterampilan pemecahan masalah melalui pengalaman langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas dan kepraktisan LKPD berbasis Discovery Learning. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2020 di STKIP PGRI Sumatera Barat dan SMAN 1 Talamau, Pasaman Barat. Pengembangan LKPD menggunakan four-D models yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap develop yaitu uji validitas dan praktikalitas. LKPD divalidasi oleh 4 orang validator dan uji praktikalitas oleh 2 orang pendidik dan 32 siswa kelas XI SMAN 1 Talamau. Validasi dan uji paraktikalitas menggunakan instrumen berupa angket tes validitas dan angket tes praktikalitas. Hasil penelitian didapatkan nilai validitas LKPD 92% (sangat valid) dan nilai praktikalitas LKPD oleh pendidik 92% (sangat valid) dan siswa 85% (sangat valid). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning pada materi sistem pencernaan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 24 Apr 2021 02:37
Last Modified: 24 Apr 2021 02:37
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12071

Actions (login required)

View Item View Item