Analisis Kesulitan Guru IPA Dalam Melaksanakan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Di SMPN/MTsN Se-Kecamatan 2x11 Kayutanam

Revy, Marlizha (2020) Analisis Kesulitan Guru IPA Dalam Melaksanakan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Di SMPN/MTsN Se-Kecamatan 2x11 Kayutanam. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
REVY MARLIZHA 15010115 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kesulitan yang dialami guru menggunakan pendekatan saintifik di SMPN/MTsN se-Kecamatan 2x11 Kayutanam. Kesulitan guru saat melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yakni peserta didik masih kurang aktif mengamati dan memperhatikan objek yang akan dipelajari, peserta didik kurang berpartisipasi pada saat pembelajaran, buku referensi masih kurang karena keterbatasan sarana dari sekolah, serta kurangnya kemampuan peserta didik untuk menalar dan mengkomunikasikan hasil di depan kelas serta rendahnya minat membaca peserta didik. Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi serta gambaran mengenai kesulitan guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Penelitian deskriptif merupakan jenis penelitian ini. Populasi pada penelitian ini seluruh guru IPA SMPN/MTsN se-Kecamatan 2x11 Kayutanam dengan jumlah 13 orang. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling sebagai teknik pengumpulan data. Data yang digunakan pada penelitian adalah data primer yang didapat dari pengisian angket oleh responden. Angket dan lembar wawancara merupakan instrumen pengumpulan data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil dari penelitian didapatkan kesulitan guru IPA dalam melaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SMPN/MTsN se-Kecamatan 2x11 Kayutanam pada tahap mengamati diperoleh hasil 67,56% dengan kategori kurang sulit. Tahap menanya diperoleh hasil 83,48% dengan kategori tidak sulit. Pada tahap mengumpulkan informasi diperoleh hasil 83,29% dengan kategori tidak sulit. Tahap mengasosiasikan diperoleh hasil 60,71 dengan kategori kurang sulit. Tahap mengkomunikasikan diperoleh hasil 76,59% dengan kategori kurang sulit. Dari penelitian yang dilaksanakan, disimpulkan bahwa guru kurang sulit dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 di SMPN/MTsN se-Kecamatan 2x11 Kayutanam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Novi Novi Fitri Ani
Date Deposited: 24 Apr 2021 02:33
Last Modified: 24 Apr 2021 02:33
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12070

Actions (login required)

View Item View Item