Profil Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMAN 3 Pariaman, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat.

Rosimiati, Rosimiati (2017) Profil Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMAN 3 Pariaman, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13060089 ROSIMIATI oke.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum memiliki kecerdasan emosional yang baik pada masa pubertas. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) Profil kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari aspek mengenali emosi diri, (2) Profil kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari aspek mengelola emosi, (3) Profil kecerdasan emosional peserta didik pada dilihat dari aspek memotivasi diri, (4) Profil kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari aspek mengenali emosi orang lain, (5) Profil kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari aspek membina hubungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua peserta didik kelas XI SMAN 3 Pariaman dengan jumlah 299 orang. Pengambilansampel menggunakan teknik proposional random sampling dengan jumlah sampel 172 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum kecerdasan emosional pesera didik berada pada kategori cukup cerdas. Hasil penelitian berdasarkan sub variabel yaitu: (1) Profil kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari aspek mengenali emosi diri berada pada kategori cukup cerdas, (2) Profil kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari aspek mengelola emosi berada pada kategori cukup cerdas, (3) Profil kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari aspek memotivasi diri berada pada kategori cerdas, (4) Profil kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari aspek mengenali emosi orang lain berada pada kategori cerdas, (5) Profil kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari aspek membina hubungan berada pada kategori cerdas. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu peserta didik agar dapatmemahamidan meningkatkan kecerdasanemosional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 11 Aug 2018 02:08
Last Modified: 11 Aug 2018 02:08
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item View Item