Tingkat Kemampuan Asertif Peserta Didik di SMA Negeri 1 IX Koto Kabupaten Dharmasraya.

Erni, Walini (2017) Tingkat Kemampuan Asertif Peserta Didik di SMA Negeri 1 IX Koto Kabupaten Dharmasraya. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13060020 ERNI WALINI OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik cenderung tidak percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya maupun bertanya ketika proses belajar mengajar berlansung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1)Kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan perasaan di SMA Negeri 1 IX Koto Kabupaten Dharmasraya, (2) Kemampuan peserta didik mengungkapkan keyakinan dan pemikiran secara terbuka di SMA Negeri 1 IX Koto Kabupaten Dharmasraya, (3) Kemampuan peserta didik untuk mempertahankan hak-hak secara pribadi di SMA Negeri 1 IX Koto Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik penarikan sampel adalah total sampling. Populasi seluruh peserta didik di SMA Negeri 1 IX Koto Kabupaten Dharmasraya. Jumlah sampel sebanyak 70 orang peserta didik. Teknik yang dingunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan microsoft Exel 2007. Insrumen yang dingunakan adalah angket, sedangkan untuk menganalisis data dingunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa secara umum tingkat kemampuan asertif peserta didik di SMA Negeri 1 IX Koto Kabupaten Dharmasraya berada pada kategori cukup asertif. Hasil penelitian berdasarkan sub variable yaitu : (1) secara rata-rata kemampuan asertif peserta didik dalam kemampuan dalam mengungkapkan perasaan berkategori cukup asertif dengan persentase 54,29%, (2)kemampuan asertif dalam mengungkapkan keyakinan dan pemikiran secara terbuka berkategori cukup asertif dengan persentase 51,43%, (3) kemampuan asertif dalam mempertahankan hak-hak pribadi berada dalam kategori asertif dengan persentase 41,43%. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada pihak yang terkait yaitu peserta didik untuk lebih meningkatkan kemampuan asertif baik dalam belajar maupun dalam lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 09 Aug 2018 08:50
Last Modified: 09 Aug 2018 08:50
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item