Perbedaan Rasa Percaya Diri Peserta Didik yang Aktif dalam Kepengurusan OSIS di SMA Negeri 2 Kota Solok Dilihat dari Jenis Kelamin.

Ana, Sriyulia (2017) Perbedaan Rasa Percaya Diri Peserta Didik yang Aktif dalam Kepengurusan OSIS di SMA Negeri 2 Kota Solok Dilihat dari Jenis Kelamin. Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
12060178 ANA SRIYULIA (WISUDA 53) OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang peneliti temukan tentang perbedaan rasa percaya diri peserta yang aktif dalam kepengurusan OSIS dilihat dari jenis kelaminnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Rasa percaya diri peserta didik laki-laki yang aktif dalam kepengurusan OSIS (2) Rasa percaya diri peserta didik perempuan yang aktif dalam kepengurusan OSIS, dan (3) Perbedaan rasa percaya diri peserta didik laki-laki dan perempuan yang aktif dalam kepengurusan OSIS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi dari penelitian ini berjumlah 38 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Sampel berjumlah 38 orang yaitu 14 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisa yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan memakai formula persentase dan statistik uji t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Rasa percaya diri peserta didik laki-laki yang aktif dalam kepengurusan OSIS berada pada kategori tinggi. (2) Rasa percaya diri peserta didik perempuan yang aktif dalam kepengurusan OSIS berada pada kategori cukup dan (3) Perbedaan rasa percaya diri peserta didik laki-laki dan perempuan yang aktif dalam kepengurusan OSIS terdapat perbedaan yang signifikan yaitu 0,006 dan 0,004. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada peserta didik laki-laki maupun peserta didik perempuan lebih meningkatkan rasa percaya diri yang ada dalam dirinya agar dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Program Studi > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Devi
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:11
Last Modified: 08 Aug 2018 08:11
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item View Item